Banyak cara yang dapat anda tempuh
untuk menarik perhatian khalayak ramai pada saat anda berbicara di depan umum.
Untuk itu kita harus mengetahui bagaimana cara yang baik di saat kita menjadi
public speaker atau yang lebih dikenal dengan sebutan presenter, mc atau host.
Merasa nervous di saat-saat sebelum
berbicara di depan umum ataupun pada saat anda melakukan presentasi, merupakan
hal yang sangat natural dialami oleh para presentator atau public speaker
(presenter, MC, host).
Merasa gugup sebelum perform menandakan
bahwa anda peduli akan kesuksesan yag akan anda raih pada saat setelah anda
berbicara di depan umum. Berikut ini terdapat 10 tips yang dapat anda ditempuh
agar sukses menjadi public speaker yang baik, yaitu :
Mengenali ‘atmosfer’
(lingkungan dan suasana) audience pada saat tampil di depan umum. Be familiar
with the place in which you will speak. Merasa nyaman dengan keadaan ruangan
(jika acara indoor). Berasa pentingnya mengenal kondisi/ situasi dan kondisi
lapangan, audience atau masyarakat tempat event tersebut terselenggara. Datang
ke tempat tujuan lebih awal untuk belajar mengenal speaking area. Walk around
the speaking area and practice using the microphone and any visual aids.
2.
Know
the audiece
Mengetahui siapa yang
anda ajak bicara (audience) merupakan salah satu hal terpenting di saat
berbicara depan umum. Greet some of the audience as they arrive. It’s easier to
speak to a group of friends than to a group of stangers.
3.
Know
your material
Jika anda tidak
menguasai materi di saat berbicara di depan umum, maka akan menimbulkan
kesulitan yang sangat berarti bagi anda. Hal ini juga dapat meningkatkan
kegugupan yang akan melanda diri anda.
4.
Relax
Merasa nyaman dengan
diri anda di depan umum akan mempermudah komunikasi anda di saat menyampaikan
informasi kepada audience. Sehingga mempengaruhi mood audience, karena mereka
pun merasa nyaman dan dekat dengan anda. Ease tension by doing exercise.
5.
Visualize
yourself when giving you speech (gunakan komunikasi non verbal)
Imagine yourself
speaking. Suara jelas dan kencang (dalam artian dapat menguasai audience dan dapat
memikat massa) When you visualize yourself as successful, you will be
successful.
6.
Menyesuaikan
bahasa yang akan digunakan (formal/semi formal/informal)
Ini juga berkaitan
sekali karena akan sangat berdampak dengan kedekatan emosioal dan juga serasa tidak
ada ‘jarak’ nantinya.
7.
Menciptakan interaksi
yang seimbang dengan partner dan audience
Perlu juga membangun
suasana yang ‘hangat’ agar menimbulkan komunikasi yang lancar. Two may
communication (komunikasi dua arah)
8.
Menciptakan
suasana yang fun dan menarik perhatian audience, agar tidak monoton
Wawasan atau
pengetahuan umum sangat diperlukan sekali apabila menjadi MC, host atau
pembicara sehingga suasana yang tercipta tetap hangat dapat berkembang tanpa
keluar dari pembatasan utama (adanya improvisasi).
9.
Secara
teknis menguasai interpersonal skill
Interpersonal skill
dapat didapat, dimulai dari sering dan menonton yang pada akhirnya dapat
mengetahui sejauh mana, kemana pun kita dalam membahas satu permasalahan atau
topik dapat dengan ‘menarik’ dan sebaik mungkin.
10.
Pay
attention with your appereance look
Appereance
look, tidak bisa dipungkiri bahwa first impression dapat mencerminkan karakter
seseorang atau juga bisa dikatakan secara ‘tampilan luar’ seseorang bisa
membuat suasana yang tercipta jauh lebih baik.
Menyesuaikan
penampilan dengan suasana (speaking area), apakah untuk event resmi, semi resmi
maupun non resmi.
Yang pasti kalau mau belajar menjadi
public speaker harus PD (Percaya Diri) yang nomor 1, karena tanpa
percaya diri, sepintar apapun seseorang pasti akan susah untuk tampil di depan
umum. demikian artikel yang saya buat semoga bermanfaat untuk anda semua dan
khususnya sebagai pembelajaran untuk diri saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar